5 Tips Kesehatan Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

 


5 Tips Kesehatan Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang
Kesehatan adalah harta paling berharga yang dimiliki oleh setiap manusia. Jika tubuh kita sehat, maka semua aktifitas harian bisa kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Pada dasarnya, tubuh manusia itu ditakdirkan untuk menjadi sehat. Nah, satu-satunya tugas kita semua adalah menjaga tubuh agar tetap sehat.
Apakah anda ingin tubuh anda sakit? tentu tidak. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan tubuh mulai dari sekarang agar tidak mudah sakit. Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu beberapa tips kesehatan yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.
Tips kesehatan yang saya bagikan ini memiliki manfaat besar dan akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh anda. Jika biasanya kita di anjurkan untuk memenuhi kebutuhan makanan bergizi, banyak minum air putih, olahraga, dan lain sebagainya. Namun tips-tips berikut ini akan berbeda. 

1. Minum Kopi Agar Bisa Tidur Nyenyak

Pasti anda akan berpikir jika hal ini sangat aneh, karena seperti yang kita kenal kopi justru membuat orang sulit tidur. Namun nyatanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa orang yang minum kopi bisa tidur dengan nyenyak.
Studi ini menemukan bagaimana cara orang mendapatkan kualitas tidur yang baik, dan dari hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa orang yang rutin melakukan coffe nap bisa tidur nyenyak dan bangun dengan situasi segar sehingga bisa melakukan ujian komputer jauh lebih baik daripada orang-orang yang tidak pernah melakukan coffe nap. 
Pasti anda akan bertana apa sih coffe nap itu? Coffe nap merupakan aktivitas konsumsi kafein 200 mg yaitu sekitar 1-2 cangkir kopi dan langsung diikuti dengan tidur selama 20 menit. Setelah 20 menit, kafein bisa bekerja untuk membersihkan otak dari molekul yang disebut adenosine. Aktivitas kafein inilah yang membuat Anda lebih terjaga dan segar saat bangun tidur.
Allen Towfigh M. D, seorang direktur medis dari New York Neurology and Sleep Medicine mengatakan bahwa ketika kadar molekul adenosin dalam tubuh meningkat, anda akan mengalami pusing. Aktivitas tidur yang berguna menurunkan kadar adenosin dan ditambah dengan kafein yang juga berfungsi sebagai penghambat adenosin, Anda pasti akan merasakan manfaat yang besar.

 2. Jangan Sikat Gigi Setelah makan

Tips kesehatan pada poin kedua ini mungkin juga terdengar sangat aneh karena sejak kecil kita selalu diajarkan supaya langsung menyikat gigi setelah makan, apalagi setelah mengonsumsi makanan manis sehingga gigi tidak akan berongga.

Jika Anda hanya makan atau minum sesuatu yang mengandung asam, misalnya soda, jeruk, tomat, dan lain-lain, maka jangan segera menyikat gigi karena minuman dan makanan asam bisa membuat enamel gigi lembut dan akhirnya rusak. Fakta ini ditemukan oleh Howard R. Gamble dari Akademi Kedokteran Gigi Umum. Sebaiknya setelah makan dan minum, tunggu sekitar 30-60 menit dahulu sebelum anda memutuskan untuk menyikat gigi.

3. Saat Badan Panas, Minum Air Hangat

Saat suhu panas dan tubuh Anda penuh dengan keringat, minuman apa yang Anda pilih? Es atau teh panas? Beberapa penelitian terbaru menyarankan agar anda memilih minuman panas saja. Mengapa? Karena saat kita minum air hangat, tubuh kita bisa merasakan perubahan suhu sehingga keringat yang dikeluarkan jauh lebih banyak. Saat pori-pori berkeringat, maka tubuh kita akan menjadi dingin.

4. Olahraga Saat Lelah

Setelah melakukan aktivitas sehari penuh, anda pasti malas dan merasa sangat kelelahan apabila disuruh melakukan aktivitas lain, apalagi berolahraga. Namun dengan berolahraga, energi di tubuh Anda bisa kembali lagi. Depresi, pusing, atau perasaan yang buruk bisa hilang saat Anda melakukan gerakan olah raga sekitar 30 menit. Seorang direktur kebugaran, Mark Nutting mengatakan bahwa kita pasti membutuhkan oksigen dalam aktivitas apapun. Jadi saat berolahraga, tubuh kita akan dibantu agar bisa bekerja efisien agar tidak mudah lelah.

 5. Jangan Konsumsi Minuman Berenergi Saat Lelah

Anda pasti sering melihat iklan minuman berenergi di televisi yang mengatakan bahwa setelah berolahraga, kita kehilangan banyak ion dan untuk mengembalikan ion dalam tubuh kita seharusnya meminum minuman berenergi.

Padahal minuman berenergi sebenarnya mengandung kalori 5x lebih tinggi dibandingkan kalori kopi. Efeknya adalah tubuh terasa tidak nyaman karena detak jantungnya cepat berubah, mudah tersinggung, dan kegugupan berlebihan. Minuman berenergi juga memiliki kandungan taurina yang cukup tinggi. Kandungan gula yang ada di dalamnya juga akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan menurun drastis sehingga anda akan cepat lelah.

Sumber :Gerai Artikel
like n share jika kalian suka ….!

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *