Dilema Turn Back Hoax, Apakah Yang Sebenarnya Terjadi Di Media Kita

Bagi yang Belum mengetahui apa itu Hoax adalah berita palsu yang sengaja di sebar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu

Akhir-akhir ini banyak berbagai pihak yang mulai sadar akan pengaruh berita hoax yang tersebar secara masih di internet, banya berita yang sebagian terkesan provokatif, ada juga berita yang dari awal tidak masuk akal sama sekali.

Berita yang beredar di internet mudah sekali tersebar, seperti halnya pemberitaan di masa lalu yang tersebar melalui mulut ke mulut, tapi dengan berkembangnya teknologi seperti saat ini berita berita sangat cepat tersebar.

Apakah Yang Sebenarnya Terjadi Di Media Kita

Pihak-pihak yang mulai sadar akan pentingnya memerangi hoax saat ini mulai gencar memberikan klarifikasi-klarifikasi tentang berita yang tersebar di internet.bahkan media-media konvensional juga mulai berbenah memerangi berita hoax.

Mentri Kominfo Rudiantara mengamati, media massa, khususnya online saat ini cenderung ingin yang pertama kali menyampaikan suatu informasi kepada publik. Sayangnya, banyak media online yang tidak mengindahkan aturan.

Ya banyak Media yang berlomba-lomba untuk menyampaikan berita paling cepat dan terdepan namun sayan berita yang di tangkap kadang tidak melalui verifikasi terlebih dahulu dan mementingkan rating dan hit ke dalam media online.

Beberapa Waktu lalu pemerintah mengambil tindakan dengan cara memblokir situs-situs yang di anggap penyebar hoax, namun dilain hal mentri Rudiantara menganggap hal ini kurang efektif dalam memerangi hoax, akhirnya pihak-pihak yang terkait dengan media mulai bekerja sama.

Dilema Turn Back Hoax
Dilema memang, tidak ada cara yang lebih efektif dalam memerangi hoax, berita yang dengan cepat tersebar tanpa diketahui keasliannya, lantas apakah cara yang efektif itu ada? jawabannya sudah tentu ada.

Masyarakat indonesia saat ini beragam dalam menanggapi berita, namun sejau yang kami lihat, banyak dari kita langsung menelan mentah-mentah berita yang beredar hanya dari cover, salah satu contoh penyebarannya ada di facebook, media facebook menjadi ladang yang gurih bagi penyebar hoax, berita yang di bagikan di media facebook dapat mengundang komentar yang beragam.

sebagian yang kami lihat, mereka yang mengetahui berita tersebut hoax langsung membuka artikelnya dan membaca dan menganalisanya, namun sebagian yang lain terpancing dengan judul berita yang di anggap kontroversial, tanpa menelusuri berita itu benar atau salah.

Jadi sebagai pembaca yang cerdas sudah sepatutnya kita mendalami dan memverifikasi setiap berita yang beredar, dan tidak langsung menelan mentah-mentah berita yang beredar, jadi inti dari memerangi hoax adalah diri masing-masing pembaca. dengan tidak menanggapi berita hoax kita sudah bisa memeranginya, terlebih lagi kita bisa memverifikasinya.

Jika Kamu suka artikel ini share dan like

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *