Ingin Menyaingi Apple, Microsoft Meluncurkan Laptop Baru Sekelas Macbook

Microsoft berjuang untuk menguasai Google dan Apple di pasar pendidikan.

Pada sebuah acara pada hari Selasa, Microsoft (MSFT, Tech30) meluncurkan laptop baru yang mengilap dan versi terbaru Windows 10 yang ditujukan untuk menarik minat siswa dan pendidik.

Surface Laptop ini dihargai mulai dari $ 999 dan akan dirilis 15 Juni. Laptop 13,5 inci mendapat baterai 14,5 jam, beratnya hanya 2,76 pound dan memiliki keyboard kain. Muncul dalam empat warna, termasuk kobalt biru dan burgundy, dan tersedia untuk pre-order mulai Selasa.

Laptop ini berbeda dengan Surface Book, sebuah laptop yang diluncurkan pada tahun 2015 yang dihargai dari $ 1,499. Panos Panay, eksekutif Microsoft yang bertanggung jawab atas produk Surfacenya, jelas mengenai target pemirsa: siswa yang sebaliknya akan membeli MacBook Apple (AAPL, Tech30).

“Banyak siswa menggunakan MacBook Airs dan MacBook Pro,” kata Panay di atas panggung. Namun dia menekankan bahwa laptop baru Microsoft lebih tipis dari perangkat Apple (AAPL, Tech30) ini dan memiliki masa pakai baterai yang lebih lama.

Microsoft mengatakan produsen seperti Samsung, Toshiba, HP dan Dell akan mulai menjual perangkat Windows 10 S musim panas ini, mulai dari $ 189. Dengan harga itu, Microsoft mungkin dapat bersaing lebih langsung dengan Chromebook yang terjangkau Google (GOOG)

Satya Nadella, CEO Microsoft, membingkai pengumuman produk hari ini sebagai bagian dari misi perusahaan untuk “mendemokratiskan kesempatan pendidikan bagi setiap siswa.”Tapi bagi Microsoft, ini juga tentang memperjuangkan pangsa pasar pendidikan yang lebih besar – dan potensi untuk mendapatkan generasi baru konsumen yang terbiasa dengan produknya.Enam tahun yang lalu, Google memulai debut produk Chromebook telanjang yang menjalankan sistem operasinya sendiri dan bukan Windows. Di tahun-tahun sejak itu, Chromebook telah muncul sebagai titik terang langka di pasar PC yang lebih luas.Perusahaan riset IDC melaporkan pada bulan April bahwa pasar PC komersial “keluar kuat” pada kuartal pertama 2017 “yang sebagian besar didukung oleh pertumbuhan Chromebook.”Pengumuman produk edukasi Microsoft juga datang pada saat perusahaan menghadapi perlambatan penjualan perangkat keras.Tahun lalu, Microsoft melaporkan pendapatan Surface untuk kuartal Maret turun 26% dari tahun ke tahun. Dalam sebuah konferensi dengan analis minggu lalu, Nadella mencatat hasil perangkat keras yang mengecewakan tersebut sebagai bagian dari “persaingan harga yang meningkat.” 

CNNMoney (New York) Pertama terbit 2 Mei 2017: 11:55 ET

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *