Wow Ternyata, Ini Makna Logo Dari Shutdown

Dalam penggunaan komputer, kamu tahu betul apa fungsi dari tombol shutdown. Bahkan, tidak hanya komputer, beberapa perangkat elektronik juga menggunakan tombol shutdown guna mematikan sistem pengoperasiannya. Tapi, ada yang tahu apa makna dibalik logo shutdown itu sendiri?

Nah, melalui artikel ini kamu akan tahu apa makna rahasia dibalik logo shutdown. Jadi, jika kamu pernah bertanya “kenapa logo tombol shutdown seperti itu ya?” Lihat jawabannya di bawah ya.

Mungkin kamu sudah familiar sekali dengan logo tombol shutdown, sehingga tanpa harus membaca keterangannya, kamu sudah tahu betul apa itu fungsinya. Jadi, apa sih makna dari logo tersebut?

Pada tahun 1973, International Electronic Commission untuk pertama kalinya mengenalkan logo dari tombol shutdown. Nah, desain dari logo ini bukanlah sekedar grafis yang asal jadi, tapi itu menandakan sesuatu. Bagian yang melingkar menandakan angka 0 dan garis lurus menandakan angka 1.

Jadi, alasan kenapa logo shutdown itu seperti itu adalah untuk tidak menyusahkan penggunaan bahasa. Sehingga, saat ini orang tidak lagi harus menuliskan ON atau OFF untuk pertanda hidup dan mati. Terlepas dari itu, ketika melihat logo ini, maka pengguna akan mengerti maksudnya.

Logo shutdown yang kamu lihat itu juga memiliki makna tersendiri. Garis lurus yang berada di antara lingkaran itu berarti tidak akan memotong daya sepenuhnya, tapi memasukkannya ke dalam mode standby. Jadi, secara teknis itu dikenal dengan simbol standby.

Nah, kalau misalnya tombol yang memiliki fungsi ON/OFF secara utuh, ternyata itu beda. Logo dari tombol tersebut adalah sebuah lingkaran utuh yang di dalamnya terdapat garis lurus. Itulah tombol tipe push yang benar-benar menghidupkan atau mematikan perangkat elektronik.

 

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *