Kalau Tidak Mau Hal Buruk Terjadi 7 Hal ini Perlu Dihapus dari Facebook Kamu Sekarang

Awalnya kita menggunakan media sosial agar bisa tetap keep in touch sama semua teman. Namun bagaimana sekarang? Ya, fungsi media sosial memang sudah berubah banget.

Perilaku penggunanya juga jadi berbeda, mulai dari untuk mencari perhatian, hingga digunakan untuk menyebarkan berita hoax. Lebih parah lagi, seringnya kita melupakan apa yang pernah kita posting atau tambahkan ke profil.

Kalau Tidak Mau Hal Buruk Terjadi 7 Hal ini Perlu Dihapus dari Facebook Kamu Sekarang

Kabar buruknya adalah tinggal menunggu waktu sampai hal tersebut ‘menusuk’ kamu dari belakang. Pasalnya, ketika informasi tersebut jatuh ke tangan orang yang salah, maka hal tersebut bisa saja menghancurkan reputasi kamu.

Jadi, sebelum menyesal, pastikan kamu telah menghapus beberapa hal berikut ini dari profil kamu.
1. Nomor Telepon

Apa yang kamu harapkan dengan menampilkan nomor telepon kamu ke publik? Masih ingin dapat SMS atau panggilan telepon dari kenalan baru? Tentu saja, itu bakal sangat mengganggu. Bisa saja prank ataupun penipuan.

Sebaiknya kamu menyembunyikan informasi nomor telepon atau bila perlu menghapusnya di Facebook. Teman yang kamu kenal tentunya tahu ke mana harus menghubungi kamu.
2. Hapus atau Sembunyikan Foto

Mungkin dulu kita pernah ‘alay’ pada masanya. Bahkan bangga meng-upload foto yang tidak pantas karena dianggap keren. Ya, itu dulu, sekarang kamu mungkin sudah tahu batasannya.

Tapi, foto-foto tersebut bisa saja kembali menghantui kamu. Untuk itu, pastikan kamu menghapus foto yang tidak pantas atau setidaknya mengubah privasi untuk mengubah siapa yang dapat melihat kamu. Dengan membuka Settings > Privacy > ‘Who can see my stuff?’ dan ‘Who can look me up?’.

3. Tanggal Lahir


Sangat menyenangkan tentunya ketika teman-teman kita mengucapkan “Happy Birthday”. Rasanya membuat kita merasa penting. Tapi, mulai sekarang sebaiknya kamu sembuyikan informasi tanggal lahir kamu.

Bagaimana pun tanggal lahir adalah identitas pribadi kamu yang cukup penting. Membiarkan teman Facebook atau publik mengetahui tentunya berpotensi menimbulkan kerugian. Bisa saja identitas kamu dicuri dan disalahgunakan, kamu tidak mau kan?

4. Lokasi

lokasi
Ketika kamu sedang bepergian, sering kali kita tidak tahan untuk check in di media sosial dan bisa pamer.
Rasanya mungkin menyenangkan membiarkan teman-teman Facebook kamu tahu bila kamu sedang ‘nongkrong’ atau pergi ke tempat yang dianggap keren. Akan tetapi, selalu ada efek negatif bila kamu menguak begitu banyak informasi ke publik.

5. Foto Liburan

Liburan
Bukan berarti kamu tidak boleh meng-upload foto liburan keluarga. Tapi, lebih baik tunggu sampai liburan usai dan tiba di rumah.
Sering kali, kita tidak sabar memamerkan foto-foto liburan kamu. Bayangkan jika ada pencuri yang tahu kalau rumah kamu kosong dan terjadi pencurian? Lebih hati-hati lagi ya.

6. Status Tentang Pekerjaan

Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan hanya karena mereka tidak bisa mengontrol update status. Apalagi jika kamu berteman dengan atasan ataupun rekan kerja lainnya di Facebook.

7. Foto Mantan dan Tag

mantan
Mungkin terdengar sepele dan kecil, meskipun sudah menyembunyikannya, tapi sebaiknya kamu segera hapus foto mantan kamu dari Facebook. Seperti yang kamu ketahui, Facebook peduli dengan pengingat memori. Bagaimana jika tiba-tiba foto mantan kamu muncul saat kamu sedang membuka Facebook dengan kekasih kamu yang sekarang?
Tentu saja sangat menyakitkan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan teman-teman yang meng-tag kita. Khususnya untuk status yang tidak jelas, sebaik kamu hapus dan bila perlu laporkan.
Itulah 7 hal yang harus kamu hapus di Facebook. Sebelum menimbulkan masalah yang serius, lebih baik kamu meninjau ulang status, foto, informasi pribadi, dan pengaturan Facebook kamu.

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *