Terungkap! Ini Dia Sosok Sebenarnya JOKER di Kartu Remi

Dalam setiap deck kartu yang berisi 52 kartu, pasti terdapat minimal 1 buah kartu JOKER. Namun tahukah kalian sejarah dari kartu JOKER ini?

Berbeda dengan karakter lain pada kartu yang menggambarkan atau melambangkan keluarga kerajaan. JOKER pada umumnya digambarkan sebagai karakter dengan baju, topi, dan sepatu yang aneh.

Terdapat 2 jenis JOKER yang dikenal secara umum, JOKER “The Fool” dan JOKER “The Hofnar”. Berikut penjelasan dari kedua kartu Joker tersebut.

Terungkap! Ini Dia Sosok Sebenarnya JOKER di Kartu Remi

Sosok Joker di Kartu Remi

joker-1

Foto: sombrasearvoresaltas

Kartu JOKER mulai disertakan dalam setiap deck kartu sejak tahun 1880. Awalnya pada pertengahan abad ke-19 terdapat sebuah permainan kartu yang sangat terkenal di Eropa, permainan tersebut adalah EUCHRE.
Kemudian permainan itu dibawa oleh para imigran ke Amerika, yang akhirnya diterjemahkan menjadi JOKER dalam bahasa Inggris.

JOKER “The Fool”

joker-2

Foto: Pinterest

The Fool adalah sebutan yang diberikan kepada orang berkebutuhan khusus. Pada zaman dahulu orang yang berkebutuhan khusus dihina dan dikucilkan oleh warga. Bahkan yang lebih parah, mereka akan menggantungkan lonceng pada leher orang tersebut sebagai penanda jika orang itu sedang mendekat.
Biasanya orang berkebutuhan khusus akan ditampung dan dibesarkan oleh para pemuka agama. Hingga akhirnya muncul ide agar orang berkebutuhan khusus yang terbuang bisa diterima kembali oleh warga.
Kemudian orang tersebut akan diberikan baju, topi, dan sepatu, dengan lonceng-lonceng kecil. Mereka juga diajarkan untuk berakrobat, bernyanyi, dan keterampilan lainnya.
Dengan demikian, The Fool dapat diterima kembali oleh warga. Raja dan Ratu biasanya juga akan mengundang The Fool untuk menampilkan keterampilannya.
Kartu JOKER juga dapat dipakai untuk mengganti kartu lain secara bebas karena terdapat sejarah ketika The Fool memiliki kebebasan untuk masuk ke rumah warga dan bebas pergi ke sana kemari.

JOKER “The Hofnar”

joker-3

Foto: Pinterest

Hofnar adalah penghibur. HOF berasal dari kata yang berarti lingkungan kerajaan. Jadi Hofnar adalah penghibur di lingkungan kerajaan.
Berbeda dengan The Fool, Hofnar tidak berkebutuhan khusus. Dia cenderung pintar dan pandai menghibur orang. Hofnar biasa mengatur dan membawakan acara hiburan di dalam lingkungan kerajaan.
Dia memiliki banyak bakat seperti berakrobat, bermain musik, bercerita, dan melucu. Sama seperti The Fool, Hofnar memiliki kebebasan untuk pergi ke mana saja termasuk ke dalam lingkungan kerajaan.
Karena penampilannya yang mirip badut pada zaman sekarang, maka kartu JOKER juga sering digambarkan sebagai seorang badut.
Berikut adalah sejarah singkat dari Kartu JOKER yang ada saat ini. Jika kamu punya informasi lain yang ingin disampaikan, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya!

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *