BJ Habibie Yakin Pesawat R80 Jadi Ujung Tombak Industri Penerbangan RI

Kementerian Perindustrian mengusulkan pesawat R80 dan N245 sebagai proyek strategis nasional 2017. Khusus pesawat R80, rencananya akan dikerjakan langsung oleh PT Regio Aviasi Industri.
Menanggapi hal tersebut, BJ Habibie mengaku senang saat mengetahui pesawat rancangannya dijadikan proyek strategis nasional oleh pemerintah.

“Oh ya bagus. Saya rasa wajar kan, apa bisa bayangkan Indonesia tanpa pesawat terbang? Kita harus membuat pesawat terbang itu karena kita tidak mampu membiayai, uang darimana, ekspor apa?” kata Habibie di Gedung Bank Indonesia, Thamrin, Jakarta, Senin (13/2).

Habibie menjelaskan, industri penerbangan merupakan industri strategis yang sangat dibutuhkan sepanjang masa, termasuk Indonesia. Ia optimistis bila pesawat R80 bisa menjadi ujung tombak industri penerbangan di Indonesia ke depan.
“Saya sangat optimistis mengenai masa depan Indonesia, semua di tangan Anda, semua ujung tombaknya adalah R80,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Telekomunikasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, dana yang diperlukan untuk mengadakan kedua pesawat tersebut mencapai 80-120 juta dolar AS.

Proyek tersebut akan mulai dikerjakan pada tahun ini, setelah usulan tersebut disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Diharapkan pada 2020 kedua pesawat tersebut selesai dikerjakan dan dapat diujicoba membawa penumpang.

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *