Ajaib! Ilmuwan Temukan Mineral Yang Buat Internet 1000 Kali Lebih Cepat

Ajaib! Ilmuwan Temukan Mineral Yang Buat Internet 1000 Kali Lebih Cepat

Ajaib! Ilmuwan Temukan Mineral Yang Buat Internet 1000 Kali Lebih Cepat

Ajaib! Ilmuwan Temukan Mineral Yang Buat Internet 1000 Kali Lebih Cepat, Internet memang sudah jadi kebutuhan manusia saat ini guys. Selain untuk besosial media internet juga digunakan untuk kebutuhan lainnya termasuk bisnis, penelitian, perbankkan dan sebagainya. Akan tetapi tahukah kalian bahwa internet dari hari kehari semakin cepat saja, banyak ilmuwan berlomba lomba untuk menciptakan teknologi baru demi kelancaran internet.

Ajaib! Ilmuwan Temukan Mineral Yang Buat Internet 1000 Kali Lebih Cepat

Mineral Perovskite bisa mengubah industri teknologi

Baru-baru ini guys ilmuwan diluar sana telah menemukan manfaat sebuah mineral yang bias buat internet 10 kali lebih cepat. Sebuah mineral langka yang ditemukan di Rusia pada tahun 1830-an bisa menjadi kunci untuk meningkatkan kecepatan internet 1.000 kali lebih cepat dari hari ini. Mineral, perovskite, memiliki sejumlah sifat yang luar biasa, beberapa ilmuan kini mulai merealisasikannya.

Perovskite (CaTiO3) adalah mineral kalsium titanium oksida, namun keajaibannya terletak pada kemampuan mineral ini untuk menampung banyak kation dalam struktur fisiknya, hal ini memberi peluang para insinyur untuk memodifikasi mineral sesuai keinginan mereka.

Ilmuwan telah mengetahui mineral ini beberapa waktu yang lalu. yang awalnya ditemukan di Pegunungan Ural di Rusia pada tahun 1839, para peneliti terus berxperiment untuk mengetahui karakteristik dari mineral ini.

Perovskite ditemukan di mantel bumi telah ditambang di Arkansas, Ural, Swiss, Swedia, dan Jerman. Masing-masing varietas memiliki susunan kimia yang sedikit berbeda, memungkinkan karakteristik fisik berbeda. Salah satu karakteristik berguna yang ditemukan pada tahun 2009 adalah kemampuan perovskite untuk menyerap sinar matahari dan menghasilkan listrik, bentuk alami dari sel fotovoltaik (sel surya). Mineral ini sekarang dalam pengembangan untuk digunakan dalam sel surya, display, dan catalytic converter.

Baca Juga [What Is Petrichor? Bau hujan Yang Menyenangkan Dan Menenangkan]

Transfer Data Terahertz Generasi Berikutnya

Kini, para ilmuwan telah menemukan kemampuan mineral ini dalam spektrum terahertz dalam mentransfer data guys. Jenis perovskit spesifik yang digunakan adalah anorganik dan organik dan dapat dilapiskan tipis pada wafer silicon pada chip guys. Kemampuan unik sistem ini adalah menggunakan cahaya, alih-alih listrik untuk mentransfer data, sehingga kecepatan transfer 1.000 kali lebih cepat dari teknologi saat ini.

Band terahertz terletak di antara cahaya inframerah dan frekuensi radio (100 sampai 10.000 gigahertz). Ini sebanding dengan kisaran 2,4 gigahertz yang paling banyak digunakan ponsel saat ini guys. Mineral perovskite berlapis dapat mentransfer data melalui gelombang cahaya pada pita terahertz menggunakan lampu halogen sederhana. Dengan menggunakan lampu halogen ini, tim peneliti menemukan bahwa mereka dapat memodifikasi gelombang terahertz saat melewati perovskit. Memungkinkan peneliti untuk mengkodekan data dalam gelombang dan mentransfer data 1.000 kali lebih cepat daripada transfer data elektronik tradisional.

Transfer Data Dalam Hitungan Detik

Ajaib! Ilmuwan Temukan Mineral Yang Buat Internet 1000 Kali Lebih Cepat

Amazing bukan, bayangkan jika kita mau download 1 GB hanya beberapa detik saja, sudah berapa file yang bisa kalian simpan? hehehe jangan yang aneh-aneh tentunya ya. Penelitian ini didasarkan pada penemuan gelombang modulasi sebelumnya di perovskite. Namun, itu membutuhkan laser mahal dan bertenaga tinggi yang membuatnya komersial terlalu mahal. Penemuan baru ini menggunakan lampu halogen murah yang sederhana. Selain itu, tim menemukan bahwa mereka dapat menentukan warna cahaya untuk memodulasi data secara bersamaan pada frekuensi yang berbeda.

Baca Juga [Bahaya, Layanan Google Drive Bakal Tewas Tahun ]

Makanya, mereka tidak hanya bisa mentransfer data 1.000 kali, sekaligus dapat mengaktifkan beberapa transfer data menggunakan berbagai lampu berwarna. Terobosan teknologi ini membuka pintu untuk menggunakan terahertz transfer data dalam komputasi dan komunikasi generasi masa depan guys. Tapi sayangnya, kita harus menunggu setidaknya 10 tahun sampai menjadi siap secara komersial. Bila waktu itu tiba, ini bisa menghadirkan langkah perubahan dalam komputasi dan komunikasi.

linkfo Author

Comments

    Memokecil - Gratis Website dan Blog

    (Januari 20, 2018 - 2:35 am)

    Kecepatan bisa jadi sangat luar biasa kalau dengan ini, hmnn, menarik sekali.

      linkfo

      (Januari 20, 2018 - 3:39 am)

      kita tunggu saja pengaplikasian dari mineral ini, semoga bisa kirim file lebih cepat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *