5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Kids Jaman Now

5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Kids Jaman Now

5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Kids Jaman Now-jadi berikut ini guys cara agar kids jaman now lebih suka membaca, tapi perlu di lakukan dan di praktekkan tentunya, bisa menambah score nilai minat membaca Masyarakat indonesia tentunya, dari pada cuma lihat dan dengar saja..

1. Membaca Dengan Gambar

Jadi Begini guys, pada dasarnya manusia lebih senang dengan sesuatu yang membuat mata fresh, contonya kalian pasti lebih suka pemandangan pantai dengan ombak dan juga pepohonan di pinggirnya.

Sama halnya dengan Membaca, Bacaan harusnya disuguhkan dengan cara-cara yang menarik untuk dilihat, dan tidak membuat mata lelah.

Jadi tinggal bagaimana caranya buku, bacaan, atau artikel yang beredar lebih menarik bagi kids jaman now

2. Membaca Dengan Video

5 Cara menumbuhkan minat baca kids jaman now

Kids jaman now yang sering lihat yutube atau film luar negri pastinya terdapat subtitle di bawahnya, cara ini bias menjadi salah satu alternative kita untuk menumbuhkan minat baca, melihat film atau video seperti ini tentunya sangat bermanfaat, karena tanpa sadar kita telah membaca subtitle yang ada di bawah, dan lama kelamaan jadi rutinitas yang baik untuk membaca

so membaca itu tidak melulu tentang buku loh, jadi apapun bias kita baca, tapi tentunya membaca buku itu lebih baik.

3. Mengalokasikan Waktu Khusus untuk Membaca

5 Cara menumbuhkan minat baca kids jaman now

Awalnya dulu admin tidak suka membaca, sampai akhirnya saya menerapkan 10-15 menit membaca artikel atau buku apapun setiap harinya.

Pada akhirnya sampai sekarang ini menjadi kebiasaan baik admin. Hal ini mungkin juga bisa kids jaman now coba, yaitu memulai untuk membaca setiap hari,

Tidak Perlu lama-lama, cukup 10-15 menit saja secara konsisten kemudian setiap bulannya kalian tambah sedikit demi sedikit dan yakin kalian akan bisa membaca buku hingga satu atau dua jam setiap harinya.

4. Manfaatkan Waktu Menunggu

5 Cara menumbuhkan minat baca kids jaman now

Waktu menunggu bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Waktu menunggu dapat ditemui saat kita menunggu bis, sedang ada di angkot, menunggu seseorang untuk bertemu, atau apapun.

Contohnya admin selalu baca artikel setiap kali admin menunggu, selain untuk memanfaatkan waktu menunggu juga agar tidak bosan dan juga sedikit jaim lah..

5. Berdiskusi dan Bergabung di Komunitas Perpustakaan

5 Cara menumbuhkan minat baca kids jaman now
Berdiskusi bisa menjadi cara ampuh untuk tetap menjaga kita tetap semangat membaca. admin membiasakan diri untuk membaca buku sepekan sekali dan membuat slide presentasinya untuk kemudian didiskusikan dan menjaga semangat membaca.

Kita juga bisa menerapkannya di komunitas kita. Misalkan tergabung di Komunitas buku Kampus, maka ada beberapa acara yang dikhususkan sebagai acara bedah buku.

Jadi itu Cara Menumbuhkan Minat Baca Kids Jaman Now yang bias admin suguhkan

Menurut admin, sangat tidak ada ruginya kita menjadi seorang yang sangat senang dengan membaca. Benar-benar tidak ada ruginya.

Tidak perlu takut menjadi orang yang introvert, kaku, atau malah terkesan aneh karena kita kutu buku. Justru orang-orang yang saya kenal, yang kebiasaan membacanya kuat menjadi seorang yang sangat supel, hangat, dan nyambung dengan apapun yang dibicarakan.

Tidak bisa dipungkiri kalau minat baca masyarakat Indonesia rendah, Bahkan lebih rendah dari minat baca Negara-Negara Asean,

Hal ini perlu kita waspadai guys, karena minat baca yang rendah bakal menimbulkan berbagai permasalahan.

Permasalahan yang sering kita temui saat ini adalah, kesalah pahaman mengenai suatu makna dalam kalimat.

contohnya saat kalian membaca suatu berita tentang “Bapak Itu Menabrak Tiang Listrik dan kepalanya benjol segede bakpao”.

Kalau mereka yang malas baca, kalimatnya akan seperti ini bakal menimbulkan masalah, pasalnya mereka menekankan pada benjolnya.

Kalau kita sebarkan kalimat itu jadinya timbul pertanyaan, “kok besar amat benjolnya?, segede bakpao lagi”.

Padahal itu adalah kata kiasan, atau hiperbola, yang menerangkan sesuatu secara di lebih-lebihkan, gak benar segede bakpao kok guys.

Nah yang jadi permasalahan adalah kita, masyarakat Indonesia malas membaca, cotohnya kids jaman now. Mereka lebih suka Lihat video, atau baca kalimat sepenggal.

Contohnya ya cuma baca judulnya saja …Berkembangnya teknologi membuat informasi saat ini gampang banget tersebar guys, kalau dulu, kids jaman old suka sekali baca buku.

karena pepatah bilang, buku adalah jendela dunia, dan sekarang jendelanya untuk buka internet hehe..

Nah kids jaman now lebih sering liat youtube daripada baca, miris juga lihatnya, kalo minat baca aja rendah, ada gak ya, yang lihat artikel ini #baper..

Kalau kalian suka artike 5 cara menumbuhkan minat  baca kids jaman now, like dan share ya…

 

 

linkfo Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *